Minggu, 20 Desember 2009

Filter, Pengertian dan Jenis-jenisnya

1. Pengertian Filter

Filter adalah sebuah rangkaian yang dirancang agar mengalirkan suatu pita frekuensi tertentu dan menghilangkan frekuensi yang berbeda dengan pita ini, atau
Filter adalah rangkaian yang dapat memilih frekuensi agar dapat mengalirkan frekuensi yang diinginkan dan menahan (couple), atau membuang (by pass) frekuensi yang lain.




2. Macam-Macam Filter

2.a. Berdasarkan sifatnya, filter ada dua macam
a. Jaringan Filter Pasif
Jaringan Filter pasif hanyalah berisi tahanan, induktor, dan kapasitor saja.
b. Jaringan filter Aktif
Jaringan Filter aktif terdiri dari transistor atau op-amp ditambah tahanan, induktor, atau kapasitor.



2. b. Berdasarkan jenisnya, filter ada 4 macam

a. Filter Low Pass
Filter Low Pass adalah sebuah rangkaian yang tegangan keluarannya tetap dari dc naik sampai ke suatu frekuensi cut-off fc. Bersama naiknya frekuensi di atas fc, tegangan keluarannya diperlemah (turun).
Filter Low Pass adalah jenis filter yang melewatkan frekuensi rendah serta meredam/menahan frekuensi tinggi. Bentuk respon LPF seperti ditunjukkan gambar di bawah ini.

Gambar respon LPF
Pita Lewat : Jangkauan frekuensi yang dipancarkan
Pita Stop : Jangkauan frekuensi yang diperlemah.
Frekuensi cutoff (fc) : disebut frekuensi 0.707, frekuensi 3-dB, frekuensi pojok, atau frekuensi putus.


b.Filter High Pass
Filter High Pass memperlemah tegangan keluaran untuk semua frekuensi di bawah frekuensi cutoff fc. Di atas fc, besarnya tegangan keluaran tetap. Garis penuh adalah kurva idealnya, sedangkan kurva putus-putus menunjukkan bagaimana filter-filter high pass yang praktis menyimpang dari ideal.
Pengertian lain dari High Pass Filter yaitu jenis filter yang melewatkan frekuensi tinggi serta meredam/menahan frekuensi rendah. Bentuk respon HPF seperti ditunjukkan gambar di bawah ini.




c. Filter Band Pass
Filter Band Pass hanya melewatkan sebuah pita frekuensi saja seraya memperlemah semua frekuensi di luar pita itu. Pengertian lain dari Band Pass Filter adalah filter yang melewatkan suatu range frekuensi. Dalam perancangannya diperhitungkan nilai Q(faktor mutu). dengan
Q = faktor mutu
fo = frekuensi cutoff
B = lebar pita frekuensi
Gambar Band Pass Filter seperti berikut ini :




d. Filter Band Elimination
Filter Band Elimination yaitu filter band elimination menolak pita frekuensi tertentu seraya melewatkan semua frekuensi diluar pita itu.Bisa juga disebut Band Reject merupakan kebalikan dari Band Pass, yaitu merupakan filter yang menolak suatu range frekuensi. Sama seperti bandpass filter, band reject juga memperhitungkan faktor mutu.




Referensi:
1. http://elka.brawijaya.ac.id/praktikum/analog/analog.php?page=3
2. http://izza-anshory.blogspot.com

1 komentar:

DJ AFIP mengatakan...

Rajalistrik.com

Poskan Komentar

© Copyright by adtyan | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks